Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Pendidikan

STPI JAJAKI KERJASAMA DENGAN ENAC PERANCIS SEKOLAHKAN DOSEN RAIH GELAR DOCTOR

Senin, 29 Oktober 2018 17:57:45 wib - Komentar
H.EKO BUDI UTOMO

JAKARTA (Banten88.com) :SEKOLAH Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug yang berlokasi di Curug Tangerang sedang mengadakan penjajakan kerjasama dengan Ecole Nationale de L'Aviation Civile (ENAC), yakni universitas kedirgantaraan kelas dunia terbesar di Eropa kampusnya berada di kota Toulouse, Perancis untuk tahun akademik 2019 mendatang.  Demikian diungkapkan H. Eko Budi Utomo salah seorang pejabat STPI kepada Banten88.com (Senin 28/10/2018).

Selama ini memang sudah terjalin kerjasama antara STPI dengan ENAC University  Perancis yang dimulai pada tahun akademik 2017/2018. Terdapat 25 SDM  Kemenhub yang disekolahkan di ENAC University untuk mengikuti program Pasca Sarjana (S.2) namun untuk program S.3 nya (Doctor) kerjasamanya masih dalam penjajakan jika terealisasi akan dimulai pada tahun akademik  2019.

Lebih lanjut Eko yang pada 28 September 2018 mendampingi Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi menghadiri wisuda 3 dosen terbaik STPI yang meraih gelar S.2 Master Specialise di ENAC University, Toulose Perancis menambahkan, ada dua model perkuliahan yang dilaksanakan. Yakni mengirim 3 putra terbaik STPI (dosen) yang disekolahkan langsung ke Perancis. Sedangkan 22 lainnya kuliah di STPI tapi tenaga pengajarnya didatangkan langsung dari ENAC Perancis.

3 dosen terbaik STPI peraih gelar S.2 dari ENAC masing - masing adalah Ahmad Bahrawi, Ichyu Machmiyana dan Gilang Trio Putra, ketiganya dengan back ground sebagai air traffic controller dan berhasil menyelesaikan studynya tepat waktu.

Eko Budi Utomo menguraikan lagi, STPI masih kekurangan dosen dengan basic doctor. Sehingga ketika Ketua STPI Capt.Novyanto Widadi menghadiri Wisuda S.2 para dosen STPI yang lulus dari ENAC University, kesempatan tsb dimanfaatkan dengan baik untuk dialog dengan para pimpinan ENAC membahas kerjasama lanjutan untuk program S.3 (Doctor). " Jika penjajakan kerjasama ini berjalan mulus dan pada 2019 anggarannya memungkinkan, dosen STPI peraih gelar S.2 dari ENAC kelak akan dikuliahkan ke kampus yang sama  untuk meraih gelar doctor karena STPI masih kekurangan tenaga dosen dengan basic doctor ",  tutur Eko Lagi. Sedangkan bagi SDM Kemenhub yang kuliah kelas jauh ENAC di STPI diperkirakan diwisuda pada Maret 2019.

Sementara itu Ketua STPI Capt.Novyanto Widadi menyambut baik dan merasa bangga atas penyelesaian kuliah tepat waktu oleh ketiga dosennya yang dikirim belajar ke ENAC Perancis selama 1 tahun. Diharapkan STPI dapat mengirim lagi dosennya untuk menempuh pendidikan di Universitas penerbangan ternama di Perancis itu, tutur Capt. Novyanto Widadi.

TAK BISA DIBANDINGKAN APPLE TO APPLE

Banten88.com bertanya ke Eko Budi Utomo. Penerbangan ke Perancis transitnya dimana ?. Swiss jawab Eko. Lalu terkait perbandingan antar kampus STPI dengan ENAC ?. Eko mengatakan secara umum jumlah pilot dan jumlah pesawat, jauh lebih banyak dimiliki Indonesia. Tapi bicara soal SDM tentu mereka lebih unggul dengan jumlah doctor lebih banyak dibanding dengan kita. Kampus ENAC secara lingkungan tak beda dengan kampus seperti Unpad di Bandung.

Ada jalan, ada lapang, pepohonan dan gedung - gedung. Soal teknologi tentu lebih maju. Soal kebersihan kampus sangat Ok, kisah Eko karena dinegeri itu bersih itu sudah menjadi budaya.

Namun demikian kita tidak bisa membedakan secara " apple to apple ", tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya, beber Eko Budi Utomo.

Kampus Ecole Nationale de L'Aviation Civile (ENAC) terletak di Toulous  sebuah kota di Barat Daya Perancis ditepi sungai Garonne ditengah jarak antara Samudra Atlantic dan laut Mediterania. Dengan populasi penduduk 1,05 juta jiwa pada 2004. Metropolitan Toulouse adalah terbesar kedua di Perancis Selatan dan salah satu kawasan tumbuh paling pesat di Eropa. (SS)

KOMENTAR DISQUS :

Top