Indonesia English
Senin, 04 Juli 2022 |
Nasional - Seputar Banten

Sumawijaya, BPBD Banten Minim Operator Peralatan Siaga Bencana

Rabu, 20 Januari 2016 20:57:06 wib - Komentar

SERANG,(Banten88.com): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten mengaku hingga saat ini keberadaan Operator Peralatan Siaga Bencana yang dimiliki BPBD Banten masih kurang ideal. Hal ini tidak sebanding dengan sejumlah peralatan yang telah dimiliki. Demikian diungkapkan Sumawijaya Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Banten. Rabu. (20/1).

Dikatakan Sumawijaya,  keberadaan operator dan satgas peralatan siaga bencana seperti sopir ambulance, operator alat penyelaman gen set, sopir alat satelit komunikasi, sopir kendaraan evakuasi dan unit reaksi cepat yang dimiliki BPBD Banten hanya ada sekitar 30 orang. Idealnya keberadaan untuk operator peralatan siaga bencana yang harus dimiliki BPBD sebanyak 80 orang, dan masih kurang 50 orang lagi.   

“Satgas yang kami miliki saat ini sekitar 30 orang, mereka itu merangkap sopir, operator dan juga turun ke lapangan untuk penanganan bencana. Ini tidak efektif karena banyak peralatan yang harus dioperasikan oleh orang yang memiliki kompetensi khusus. Jadi kita masih kekurangan personel untuk operator peralatan siaga bencana,” katanya.

Dijelaskan Sukmawijaya, saat ini BPBD Banten memiliki banyak peralatan atau kelengkapan darurat bencana yang merupakan hibah dari BNPB melalui APBN. Namun demikian, personel atau SDM untuk mengoperasikan perlengkapan tersebut belum maksimal.

“Kita kan dikasih mobil satelit untuk alat komunikasi, alat penyelaman, genset dan berbagai kendaraan lain. Sementara orang yang mengoperasikannya kita tidak memiliki,”terangnya.(AZM).

KOMENTAR DISQUS :

Top