Indonesia English
Selasa, 09 Agustus 2022 |
Seputar Banten

Sungan Ciujung Berubah Warna & Berbau, Bupati Serang Diminta Tegas

Senin, 30 Juli 2018 20:35:00 wib - Komentar
Foto dok. ((ibc/nonstopnews.id))

Serang,(Banten88.com): Sejumlah warga mengeluhkan  warna air sungai Ciujung yang menghitam. Selain itu air sungai Ciujung juga mengeluarkan bau tak sedap.  “Keberadaan pabrik yang membuang limbah cair dialiran sungai Ciujung diduga menjadi penyebab utamanya, jadi bukan hanya faktor alam. Ini sangat miris memperburuk keadaan aliran air disungai Ciujung, serta berdampak kepada masyarakat yang tinggal di aliran sungai,”ungkap  Anton Jordan Susilo, Ketua Kaukus Lingkungan Hidup Serang Raya, Sabtu (28/7/18). Seperti diberitakan Naratamanews.co.id.

Dikatakan Anton, memang sebelumnya ada sidak yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Serang, dimana pemerintah daerah telah melakukan uji lab kandungan air sungai Ciujung, namun belum ada upaya perbaikan yang serius terhadap dampak kualitas aliran sungai tersebut.

“Jadi kami meminta keseriusan Bupati untuk menindak  tegas terhadap perusahaan yang ada diwilayah aliran sungai Ciujung, meski sebelumnya ada steatmen Ibu Bupati terkait akan menindak tegas. Namun kenyataan dilapangan, belum ada langkah yang real. Buktinya beberapa perusahaan seperti PT. C P masih beroperasi,” ujarnya.

Anton berharap seyogyanya pemerintah daerah dan perusahaan-perusahaan yang ada diwilayah aliran suangai Ciujung untuk dapat mencarikan solusi guna meminimalisir dampak permasalahan sungai Ciujung kerena memang setiap tahunya akan selalu terjadi.

“Kasihan warga yang ada di aliran sungai Ciujung ini, kalau memang perusahaan yang dikatakan Ibu Bupati tersebut bermasalah dan memang terindikasi membuang limbah ke sungai, sekalian saja dicabut izinnya,” tegas Anton.(ERN).

KOMENTAR DISQUS :

Top