Indonesia English
Rabu, 24 Juli 2019 |
Seputar Banten

SURATMAN : PEMBANGUNAN TURAP ANAK KALI SABI ANTISIPASI DATANGNYA BANJIR

Senin, 24 Juni 2019 14:12:15 wib - Komentar
Suratman Ketua RW 019 (Tengah baju lengan pendek biru) beserta pengurus Rukun Warga

TANGERANG (Banten88.com) : SEBAGIAN wilayah  RW 019 dan sebagian wilayah RW 015 di Perumahan Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka atau biasa disebut (Bonang),  Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten  jika musim penghujan tiba sebagian wilayah tsb diatas dilanda banjir.

Seperti dituturkan salah seorang pengurus RW 019 kepada media cyber Banten88.com Minggu (23/6/2019) jam 13.30, ketinggian banjir biasanya sekitar 30 centimeter.

Namun seperti dikatakan Ketua RW 019 Suratman, banjir atau genangan air itu kini sudah mengalir lancar sejak dibangunnya Turap atau tanggul di anak Kali Sabi yang diprakarsai oleh RW 019 dan pembangunannya kelar sebelum bulan Puasa lalu. Lokasi pembangunan turap, masih urai Suratman di anak Kali Sabi sepanjang 50 meter.

Selanjutnya Banten88.com menanyakan apakah setelah pembangunan Turap selesai sudah terjadi turun hujan yang sangat signifikan kah ?.

Suratman menjawab " Hujan deras sudah turun. Kini air mengalir lancar dan tidak ada lagi genangan," ungkapnya sambil tak mampu menyembunyikan rasa senangnya.

Ia menambahkan, pembangunan turap anak Kali Sabi menghabiskan anggaran Rp. 90 juta yang merupakan bantuan dana dari kantor Kecamatan Kelapa Dua, bebernya.

PEMBINAAN PEDAGANG

Menjawab pertanyaan Banten88.com, bahwa RW 019 termasuk RW yang mandiri. Memiliki bangunan Mushola yang indah dan kantor RW memadai. Yang khas, dikawasan tersebut juga berderet warung kuliner yang  mulai menggeliat saat senja hari bak Malioboro kecil.

Apalagi jika Bulan Suci Ramadhan tiba, kawasan ini penuh dengan aneka Takjil yang dijajakan dan aneka kuliner lengkap sajian khas misal dari Sumatera Barat, Jawa Barat, masakan Betawi hingga " Sego Kucing " khas Jawa Tengah serta bubur ayam lezat dari Kuningan, Jawa Barat ditambah aneka minuman yg sedang ngetrend saat ini.

Lalu bagaimana pengurus RW mengatur agar lalulintas lancar, roda ekonomi hidup dan pedagang taat aturan ?.

Suratman menjelaskan lagi. Intinya adalah terjalinnya komunikasi yang baik antara pengurus RW dengan sekitar 30 pedagang. Meski belum rutin, pengurus mengupayakan pertemuan langsung dengan para pedagang. Mendengar keluhan mereka serta mencari solusi jika misalnya ditemukan problematik dilapangan. Namun sejauh ini, komunikasi pengurus dengan para pedagang terjalin baik, tambah Suratman. Diakuinya pedagang termasuk yang mudah diatur sehingga tercipta suasana aman.

Ia katakan lagi, jika RW punya kas alokasinya misalnya untuk perbaikan atap bocor atau buat pemeliharaan kantor RW serta honor penceramah, ujar Ketua RW 019 ini.

FOGGING NYAMUK

Fogging atau pembasmian nyamuk saat ini sedang digalakan diseluruh wilayah Tangerang. Tak terkecuali diwilayah RW 019 dengan 320 Kepala Keluarga (KK). Dampak fogging yang Banten88.com amati, tidak hanya nyamuk yang mati tapi juga kecoa tewas bergelimpangan dan Tikus bisa stres karena menghirup zat kimia.

Pihak RW 019 telah melakukan fogging  gratis untuk masyarakat sebelum pemilu 2019 atas kerjasama dengan para caleg.

Selanjutnya fogging akan dilaksanakan rutin per 6 bulan. Warga hanya akan dibebani bea antara Rp. 5000,- hingga Rp. 10.000,- saja untuk pembelian obat. Demikian Suratman, Ketua RW 019 Perumahan Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. (SS).

KOMENTAR DISQUS :

Top