Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Ekonomi dan Bisnis

Tahun 2019 Banten Targetkan Swasembada Jagung

Minggu, 07 Mei 2017 21:51:14 wib - Komentar
Jagung. (Foto. seputarpertanian.com).

SERANG,(Banten88.com):Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pertanian (Distan) Banten kini tengah mengusung misi swasembada tanaman jagung pada 2019 mendatang. Sehingga Banten dapat menjadi lumbung jagung nasional.   Upaya ini didukung dengan catatan secara nasional bahwa industri tanaman jagung itu 60 persennya berada di Provinsi Banten. 

Kepala Distan Banten Agus M Tauchid mengatakan, saat ini lahan jagung di Banten sudah mencapai 128 ribu hektar. Paling luas berada di Kabupaten Pandeglang dengan 85 ribu hektar, Kabupaten Lebak 30 ribu hektar dan Kabupaten serang 10 ribu hektar. 

“Swasembada jagung inginnya bisa terealisasi dalam waktu dua tahun ke depan. Bagaimana pun ini komitmen bersama karena kita ingin menangkap peluang yang tidak pasti datang dua kali,” kata Agus, saat dihubungi wartawan via telepon, Minggu (7/5). 

Dijelaskan Agus, target swasembada jagung untuk dua tahun kedepan juga didukung dengan faktor bahwa kebutuhan jagung di Banten per harinya telah mencapai angka 10 ribu ton.  

“Kepala daerah di tiga wilayah (Pandeglang, Lebak dan Serang) itu juga luar biasa karena berkomitmen untuk melakukan percepatan tanaman jagung dengan membuka lahan-lahan tidur di daerahnya,” jelasnya. 

Pihaknya pun kini sudah siap membuka lahan tidur seluas 20 ribu hektar yang akan digunakan untuk penanaman jagung. “Lahan sisanya juga sedang kita olah, ada 50 ribu hektar lagi. Nanti itu dilakukan secara bertahap,” ujarnya.(Okan).

KOMENTAR DISQUS :

Top