Indonesia English
Rabu, 08 Februari 2023 |
Pendidikan

Tanamkan Kejujuran Sejak Dini, Himpaudi Canangkan ‘Gernas Manjur’

Jumat, 20 Mei 2016 19:13:51 wib - Komentar
Bunda PAUD Banten Dewi Indriati Rano.

KOTA SERANG,(Banten88.com):Ratusan siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mengikuti Gebyar Nasional Pembelajaran Aku Anak Jujur (Gernas Manjur) yang digelar di PAUD Bina Bangsa Islamic School, di kawasan stadion Maulana Yusuf  Ciceri, Kota Serang, Jumat 20 Mei 2016. Hal itu dilakukan untuk menanamkan kejujuran sejak dini bagi anak-anak sebagai penerus bangsa. 

Gernas Manjur dicanangkan oleh Pengurus Pusat Himpaudi dalam rangka HUT Himpaudi Ke-XI 2016. Hal ini selaras dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gerakan ini dilatarbelakangi nilai kejujuran yang sudah terkikis di masyarakat. Banyak penyimpangan akibat sikap tidak jujur, mulai dari pelajar tawuran, mencuri, mencontek, pelecehan seksual, hingga pejabat yang korupsi. 

Tema kegiatan yaitu "Aku Anak Jujur", diisi dengan gerak dan lagu, dongeng, serta permainan. Pelaksanaan Gernas Manjur ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Di tingkat Provinsi Banten gerakan ini dihadiri Bunda PAUD Banten Dewi Indriati Rano, Bunda PAUD seluruh Kabupaten dan Kota, serta Ketua Yayasan Bina Bangsa Furtasan Ali Yusuf dan secara kebetulan Ketua Himpaudi Provinsi Banten berhalangan hadir dalam acara ini

Dewi Indriati Rano menilai penting penanaman nilai kejujuran kepada anak sejak dini dalam berbagai aspek kehidupaun. “Kejujuran adalah dasar dari komunikasi yang efektif dan hubungan yang sehat. Kejujuran juga akan menciptakan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak yang nantinya akan tercipta rasa kepercayaan,” kata Dewi. 

Menurut Dewi, anak adalah pribadi yang masih bersih dan peka terhadap rangsangan-rangsangan yang berasal dari lingkungan luar. “Masa anak-anak sangat idela untuk orang tua menanamkan nilai kejujuran,” ucapnya. 

Tak hanya anak, lanjut Dewi, peran orangtua juga harus memberi teladan. "Seluruh etika kejujuran dan integritas dimulai sejak dini. Oleh karena itu, peran orang tua dalam menegmbangkan nilai kejujuran pada anak sejak usia dini sangat penting dan itu akan mempengaruhi sikapnya pada usia remaja bahkan hingga dewasa,” jelas istri dari Gubernur Banten Rano Karno ini. 

Dewi melanjutkan, peran guru di sekolah  juga penting dalam mengembangkan nilai kejujuran pada anak sejak usia dini, misalnya member sanksi terhadap murid yang bertindak tidak jujur saat ujian. “Guru bisa memberikan ajaran-ajaran mengenai arti dan manfaat kejujuran bagi anak muridnya,” imbuhnya.(AZM).

KOMENTAR DISQUS :

Top