Indonesia English
Senin, 23 Juli 2018 |
Pendidikan

Tatu Dampingi Sekretaris Kemdikbud Resmikan Gedung SDN Cikande 1

Kamis, 26 April 2018 16:30:38 wib - Komentar
Peresmian gedung SDN Cikande 1. (Foto : Iman).

Serang-Peresmian gedung, program revitalisasi dan rehabilitasi ruang kelas, perpustakaan, kantin sehat dan sanitasi sekolah dasar dan SMP di wilayah kabupaten Serang, dari pemberian bantuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia, yang difokuskan di SDN Cikande 1, berlangsung meriah.

SDN 1 Cikande merupakan sekolah rujukan dan menjadi model sekolah lain dengan klasifikasi lingkungan, kebersihan, kerapihan dan tingkat partisipasi masyarakat.

Hadir dalam acara peresmian, Sekertaris Kemendikbud RI, Didik Suhardi, Ph.D, Bupati Kabupaten Serang, H. Tatu Chasanah, SE, M.Ak, Wakil Bupati Serang, H. Pandji Tirtayasa, Komandan Kodim 0602 Serang, Letkol CZI Harry Praptomo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Dr Asep Nugrahajaya dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Kemendikbud RI, Didik Suhardi, Ph.D mengatakan, anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat melalui Kemendikbud untuk tahun 2018 sampai 2019 makin menurun terutama untuk fisik sudah sangat terbatas. Sedangkan anggaran yang masih ada, diperuntukan bagi daerah terpencil, terluar, terdampar termasuk daerah baru.

“Saya menghimbau untuk partisipasi masyarakat kepada pendidikan ditingkatkan. Bapak dan ibu, kepala sekolah juga perlu hati-hati. Untuk orang miskin atau kurang mampu agar digratiskan. Itu hak mereka untuk mendapatkan pendidikan secara gratis. Karena dana BOS, yang bapak dan ibu kelola disitu dinyatakan bahwa untuk orang yang kurang mampu harus dibebaskan dari segala pungutan, sumbangan, kutipan dan lain-lain,”kata Didik.

Bupati Kabupaten Serang, Hj Tatu Chasanah, SE, M.Ak mengungkapkan, upaya Pemkab Serang memperbaiki ruang kelas sekolah yang rusak mendapat dukungan dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengucurkan dana bantuan sebesar Rp 9,4 Miliar.

Bupati Serang mengatakan, untuk tahun 2018 akan merehabilitasi 350 ruang kelas yang sumber dananya berasal dari APBD sebanyak 128 kelas, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 70 kelas, dari Provinsi Banten sebanyak 52 kelas, dan 100 ruang kelas dari Kemendagri.

“Tersisa 691 ruang kelas yang rusak dan kita targetkan tahun 2020 bisa diperbaiki semua kelas di Kabupaten Serang,”kata Bupati Serang, Hj. Tatu Chasanah pada Kamis, pekan lalu.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, Dr. Asep Nugrahajaya sangat apresiasi pemberian bantuan dari Kemendikbud. Pihaknya akan mengoptimalkan pendataan sekolah yang rusak sehingga bantuan dapat efektif guna memenuhi target, memperbaiki sekolah yang rusak pada 2020 mendatang.

Kepala SDN Cikande 1, Hj Siti Laela, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Bupati Serang, Hj Tatu Chasanah, SE, M.Ak, sekretaris Kemendikbud RI bapak Didik Suhardi, Ph.D, Kepala Dindikbud Kabupaten Serang, H. Dr Asep Nugrahajaya dan semua pihak yang telah membantu sehingga bisa mewujudkan impian para peserta didik dan seluruh guru SDN Cikande 1 mempunyai sekolah yang bersih, indah dan nyaman untuk kegiatan belajar. 

"Atas nama keluarga besar SDN Cikande 1, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga rehabilitasi ruang kelas bisa terwujud. Amin,"kata H. Siti Laela kepada wartawan, di ruang kerjanya, Kamis (26/4/2018). (Iman) .

 

 

 

 

 

 

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top