Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Politik

Tatu dan Iman Bakal Dilantik di Pendopo Gubernur

Selasa, 09 Februari 2016 10:56:25 wib - Komentar
Kepala Biro Umum Setda Provinsi Banten Sitti Ma'ani Nina.

SERANG,(Banten88.com): Pasangan bupati/wakil Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah‎-Pandji Tirtayasa dan pasangan Walikota/Wakil Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi-Edi Eriadi dipastikan akan diambil sumpah dalam pelantikan yang digelar di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Rabu 17 Februari mendatang. Lain halnya dengan Wali Kota/Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie dan Bupati/Wabup Pandeglang Irna Narulita-Tanto W Arban, yang harus menunggu keputusan rapat terkait masa jabatan kepala daerah tersebut yang belum habis. 

“Pelantikan di pendopo Gubernur 17 Februari sesuai arahan Mendagri. Kami akan persiapan segala sesuatunya, termasuk kuota undangan karena kapasitas tempat yang terbatas,” ujar Kepala Biro Umum Setda Provinsi Banten Sitti Ma'ani Nina, Senin (8/2). 

Nina mengatakan, sejauh ini pihaknya memang belum mendapat surat resmi dari Kemendagri terkait hal tersebut. Namun, untuk mengantisipasi, pemprov akan rapat pada 11 Februari mendatang. 

“Saya baru dapat surat melalui WA dari Kemendagri. Mungkin yang terima surat atau radiogramnya Biro Pemerintahan. Besok (hari ini) saya akan lapor (pimpinan),” ucapnya. 

Nina menjelaskan, kemungkinan untuk pelantikan Wali Kota Tangsel dan Bupati Pandeglang dilakukan setelah masa jabatan habis. 

“Pandeglang dan Tangsel sesuai akhir masa jabatan. Kalau sekarang (dilantik), bisa berkurang waktunya, karena berakhir di bulan Maret dan April. Namun, kepastiannya nanti pas rapat tanggal 11,” ujar Nina. 

Ia menjelaskan, pada Pilkada Serentak 2015 lalu tidak ada pengurangan masa jabatan, sehingga‎ pelantikan pada 17 Februari nanti hanya untuk daerah yang dijabat penjabat saja, yakni Kab. Serang dan Kota Cilegon.  “Kecuali pada pilkada serentak nasional tahun 2027, kekurangan jabatannya di hitung dan dibayarkan. Sepengetahuan saya begitu, kalau ada perubahan baru saya belum tahu,” ucapnya. 

Sekda Banten Ranta Soeharta dikonfirmasi mengaku belum menerima surat resmi dari Kemendagri perihal pelantikan.  “Sampai hari ini belum ada surat resmi mengenai pelantikan bupati/wali kota,” ujarnya.‎  

Diketahui, berdasarkan surat Kemendagri Nomor 005/389/SJ, pelantikan gubernur dan wakil gubernur 7 provinsi yakni Sumbar, Jambi, Kepri, Bengkulu, Kaltara, Kalsel, dan Sulut dilaksanakan pada Jumat 12 Februari 2016 pukul 10.00 di Istana Negara. Pelantikan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

 

Sementara, untuk bupati/wali kota terpilih akan dilantik oleh masing-masing gubernur di daerahnya pada Rabu 17 Februari 2016. (YAN)

KOMENTAR DISQUS :

Top