Indonesia English
Selasa, 25 September 2018 |
Hukum dan Kriminal

Tergiur Perhiasan Korban, Tiga Sekawan Rampok IRT

Senin, 28 Agustus 2017 17:50:28 wib - Komentar
Kabag Ops Polres Lebak, Kompol Andi Suwandi saat mengelar ekspose di Mapolres Lebak, Senin (28/8/2017)

Lebak, (Banten88.com): Lantaran tergiur perhiasan yang melilit di anggota badan Tarwinah (55), seorang ibu rumah tangga warga Kampung Cijolang, Desa Jayamanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak. Tiga sekawan yang terdiri dari Wawan, Rasian dan Sutisna  akhirnya gelap mata, sehingga nekad melakukan tindakan kejahatan dengan cara merampok seluruh perhiasan yang berada di tubuh korban, tidak hanya itu, para pelakupun melakukan penganiayaan, kemudian tubuh korban di buang ke jurang yang berada dekat tempat kejadian perkara.

Kronologis kejadian tindakan pencurian yang disertai kekerasan (Curas) tersebut berawal ketika pada hari Rabu sekira jam 8 pagi tanggal 23-Agustus-2017 lalu, ketiga pelaku mendatangi kediaman korban dengan alasan untuk membeli pohon kayu milik korban. Selanjutnya, setelah mendapatkan persetujuan, ketiga meminta izin untuk pergi mengecek pohon-pohon tersebut.

Kemudian, selang beberapa menit, setelah kepergian para pelaku, korban pun keluar rumah dengan tujuan pergi kesawah dengan memakai seluruh perhiasan. Sesampainya di jalan hutan blok Gedeng Caladi, tiba-tiba korban di pukuli dari belakang oleh ketiga pelaku dengan menggunakan sepotong kayu hingga tersungkur, tak puas sampai disitu para pelakupun menganiaya korban dengan sadis, dari memukul kepala hingga menginjak-nginjak kepala korban sampai tak sadarkan diri.

Setelah korban tidak sadarkan diri, ketiga pelaku pun melucuti semua perhiasan milik korban, hanya dua buah cincin saja tidak dibawa lantaran mereka sulit melepaskannya. Selanjunya, para pelaku membopong korban  dan melemparkannya ke tepi jurang yang ada di hutan blok Gedeng Caladi.  

Kemudian, sekira jam 09.15, Suba yang notabene adalah suami korban  sebagai orang yang pertama kali melihat tubuh korban berada di tepi jurang dengan keadaan mengenaskan. Awalnya, Suba melihat sesosok tubuh yang mengenakan pakaian yang sudah tidak asing lagi, setelah di dekati ternyata yang tergeletak tersebut adalah istrinya, sontak saja Suba berteriak minta tolong. Setelah itu, ia dan warga melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Cimarga.

Untung saja, korban ternyata masih hidup setelah memberikan keterangan, terkait identitas pelaku, maka pihak kepolisian dengan sigap langsung menangkap ketiganya di kediamannya masing-masing.

“Kepada petugas, para pelaku nekad melakukan tindakan curas dikarenakan tergiur dengan perhiasan yang di kenakan oleh korban,” kata Kabag Ops Polres Lebak Kompol Andi Suwandi, kepada wartawan ketika mengelar ekspose di Mapolres Lebak, Senin (28/8/2017).

Kata Andi, ketiga pelaku kini di jerat dengan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara. (Eli)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top