Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Politik

TIGA BAKAL CALON CAGUB DAN CAWAGUB KEMBALIKAN FORMULIR KE HANURA

Minggu, 17 April 2016 18:57:18 wib - Komentar

SERANG,(Banten88.com):Tiga kandidat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten pada Pilgub 2017 mendatang mengembalikan formulir pendaftaran ke Kantor DPD Partai Hanura Provinsi Banten, di Jalan Bhayangkara, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Minggu (17/4).  Mereka yang mengembalikan adalah mantan Bupati Serang, A Taufik Nuriman (ATN), mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya (JB) dan anggota DPR RI Andika Hazrumy.

ATN yang datang terlebih dahulu sekira pukul 09.00 WIB, langsung diterima oleh pimpinan dan pengurus Ketua DPD Hanura Banten. Dalam kesempatan tersebut ATN menegaskan bahwa kedatangannya adalah untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil gubernur Banten pada Pilkada 2017 nanti.

“Saya juga sudah menjalin komunikasi dengan partai lain PAN, lalu ketemu langsung dengan Gerindra pusat dan langsung ketemu dengan pengurus pusat yakni Pa Syafei dan Pa Hasyim, sedangkan PDIP saya juga sudah mendaftar dan juga sudah melakukan fit and proper tes dengan DPP nya, lalu sekarang saya daftar di Hanura dan nanti tanggal 20 April saya akan daftar ke Demokrat,” jelasnya.

ATN juga berharap dirinya akan mendapat tiket untuk maju dari Partai Hanura. “Yang jelas saya sekarang masih mengikuti proses yang berlaku di tiap partai yang saya daftar,” katanya.

Ketika ditanya terkait komunikasi dengan calon yang lain, ATN mengaku sudah ada komunikasi tapi tidak bisa dibeberkan Karen masih rahasia.

Bakal calon yang lain Mulyadi Jayabaya yang datang sekira pukul 11.30 WIB juga berharap dirinya akan dipilih oleh partai besutan Wiranto tersebut. JB mengaku jika dirinya terpilih nanti hal yang pertama akan dilakukan adalah menaikan APBD Banten yang sebelumnya Rp 9 triliun menjadi Rp12 triliun.

“Jika saya terpilih nanti prioritas utama saya adalah pada pembangunan infratruktur jalan. Karena infrastruktur tersebut dapat menunjang perbaikan ekonomi di masyarakat, jika infratsruktur jelek pembangunan ekonomi pun akan terhambat dan akan berimbas pada pembangunan-pembangunan yang lain yang ada di Banten,” jelas JB.

Sedangkan untuk menggenjot PAD Banten, JB mengaku akan mengoptimalkan pendapatan dari sektor industri dan pariwisata. “Banten terdapat banyak sekali pabrik saya akan genjot itu juga ada bandara yang pendapatannya dapat dioptimalkan,” imbuhnya.

Sedangkan Andika Hazrumy ketika ditemui usai mengembalikan formulir mengaku mengatakan bahwa kedatangannya selain untuk mengembalikan formulir juga untuk menjalin komunikasi dengan Partai Hanura.

“Saya ke sini selain untuk mengembalikan formulir juga untuk melakukan penjajakan komunikasi dimana jika saya terpilih nanti saya akan fokus untuk membentuk tata kelola pemerintahan yang baik,” jelasnya.

Andika menambahkan, jika tata kelola pemerintahan sudah baik maka pembangunan Banten ke depan akan jauh lebih maju. “Mudah-mudahan Partai Hanura juga mempunyai kesamaan visi misi dimana dapat bersama-sama membangun Banten ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

Demikian pula dikatakan Andika, untuk proses pencalonan dirinya masih menunggu keputusan DPP Partai Golkar apakah nantinya dicalonkan jadi gubenur atau wakil. “Tentang status pencalonan saya masih menunggu keputusan setelah Mukernas Golkar. Jika sudah ada keputusan saya akan kasih tahu ke teman-teman, dan yang pasti untuk saat ini berupaya untuk menjalin komunikasi serta melakukan sosialisasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Hanura Eli Mulyadi mengatakan pihaknya mulai menerima sejumlah bakal calon gubernur dan wakil gubernur banten yang akan mengembalikan formulir pendaftaran.
“Hari ini (kemarin-red) kami menerima tiga calon satu diantaranya mencalonkan diri sebagai wakil gubernur yakni Pa taufik Nuriman, sedangkan dua lagi Pa JB dan Andika mencalonkan diri sebagai gubernur. Dan besok (hari ini), kami juga akan menerima Pa Jaman, Pa Dimiyati dan Pa Wahidin Halim (WH),” kata Eli usai acara.
Eli menambahkan setelah ini pihak DPD akan mengadakan acara penyampaian visi misi calon yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 April nanti. “Minggu depan kami akan adakan acara penyampaian visi misi dari calon yang sudah mengembalikan. Pada acara tersebut kami akan mengundang seluruh DPC se Banten untuk ikut menyaksikan, setelah itu kami akan mengadakan rapat kerja daerah untuk mennentukan siapa calon yang akan direkomendasikan ke tingkat DPP,” jelasnya.

Ketika ditanya terkait ada tidaknya kader internal yang akan ikut mendaftar, Elli menjawab untuk saat ini belum ada dari kader internal yang ingin ikut. “Belum ada bahkan saya juga menyorot tidak adanya calon perempuan yang ikut mendaftar untuk maju pada Pilgub 2017. Namun jika besok ada calon dari internal partai maupun calon perempuan kami akan layani. Kami akan tunggu hingga pukul 00.00 WIB, jika lewat dari waktu kami tidak akan terima,” tambahnya.

Eli mengungkapkan, setidaknya sudah ada enam calon yang mengambil formulir pendaftaran yakni, Dimyati Natakusuma, Andika Hazrumy, Mulyadi Jayabaya, Wahidin Halim, Tb Hairul Jaman dan Ahmad Taufik Nuriman. “Yang baru balikin tiga, besok tiga,” ungkapnya.

"Semua yang mendaftar mempunyai peluang yang sama dipilih, yang terpenting sesuai dengan aturan yang ada," tandasnya

Sementara itu di waktu yang sama JB juga mengembalikan formulir ke Partai Demokrat. Menurut Ketua DPD Partai Demokrat Banten, Aeng Haerudin, pengembalian formulir dijadwalkan mulai dari tanggal 17 hingga 21 April mendatang.

“Semuanya sudah terjadwal mulai dari pengembalian formulir dari 17-21, lalu kami akan adakan survey, Verifikasi, dan raker dimana para bakal calon akan menyampaikan visi misinya,” kata Aeng di Kantor DPD Partai Demokrat Banten, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Aeng menambahkan bahwa Partai Demokrat memberikan apresiasi yang tinggi kepada JB yang telah mengembalik formulir pada hari pertama. “Hari ini Pa JB, Senin Pa Wahidin Halim (WH) juga akan mendaftar, Selasa Pa Andika Hazrumy, dan Rabu Pa Taufik Nuriman dan Insya Allah juga ada Pa Eden,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang didapat setidaknya terdapat tujuh calon yang telah menambil formulir, yakni, Wahidin Halim, Mulyadi Jayabaya, Andika Hazrumy, Aeng Haerudin, Eden Gunawan, dan Dimiyati Natakusumah.

Soal siapa yang akan dicalonkan dari Demokrat, Aeng menjawab, DPP punya pertimbangan. “Yang jelas  semua calon baik dari internal maupun eksternal direstui oleh DPP. Terkait komunikasi, Demokrat terus melakukannya dengan semua partai, sedangkan kalau untuk koalisi masih belum, kami harus menwarkan calon ke partai lain dulu,” tambahnya.(YAN).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top