Indonesia English
Jumat, 22 Maret 2019 |
Hukum dan Kriminal

Tim Densus Anti Teror Amankan Terduga Teroris di Banten

Rabu, 07 Juni 2017 18:39:00 wib - Komentar
Penangkapan terduka teroris di Kota Serang, Banten.

SERANG,(Banten88.com): Warga Lingkungan Kubang Lesung, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Rabu (7/6), dikejutkan dengan aksi  penggerebekan  Tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di sebuah rumah pembuatan bata.

Dalam penyergapan itu, tim Densus mengamankan Muhamamd Imron alias Sulis, yang diduga sebagsi pelaku penembakan polisi di Nusa Tenggara Barat.

Saat ditangkap Tim Densus 88,  terduga penembak polisi ini tidak melakukan perlawanan. Saat itu pelaku tengah bekerja sebagai kuli bangunan disebuah lokasi pabrik bata.

Dari keterangan Sobirin, buruh kuli bangunan membenarkan ada penangkapan yang dilakukan Densus 88 terhadap rekan kerjanya bernama Muhamamd Imron alias Sulis. Kata dia, penangkapan dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB.

“Kita juga kaget banget tiba-tiba polisi dateng banyak banget langsung ngepung pakai senjata. Ya kita takut sekali, wong gak tahu kasusnya apa,” ujar Sobirin ditemui di lokasi.

Sobirin mengatakan, saat ditangkap Sulis tengah bekerja sebagai kuli bangunan dan sedang membuat adonan bangunan. “Polisi langsung nodongin senjata api,  terus diborgol dan ditutup kepalanya. Tidak lama paling 10 menit langsung di bawa ke mobil,” terangnya.

Teguh Santoso buruh lainnya mengatakan, Sulis sudah sekitar 2 bulan bekerja sebagai kuli bangunan. Dia mengaku sempat curiga dengan gerak-gerik Sulis. “Dia itu sering keluar malem jam 2 pagi gak bilang-bilang. Pergi sendirian gak tahu kemana. Kita curiga sih, tapi gak berani mau nanya,” terangnya.

Dia mengungkapkan bahwa Sulis merupakan pria kalem. Dalam bekerja terbilang rajin. Selain itu dia juga taat beribadah. “Selama bekerja sih biasa saja, kerja seperti biasa. Kalau malem juga tidur bareng sama kuli lainnya,” terangnya.

Penyergapan terduga teroris di Lingkungan Kubang Lesung, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, Rabu (7/6) siang, dibenarkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Mantan ajudan Presiden RI Joko Widodo ini malah menyebut, selain di Cilegon juga dilakukan penyergapan terduga teroris di dua lokasi di Kota Serang.

“Iya hari ini  kita mendapatkan kabar memang ada beberapa penangkapan terduga teroris. Kita tunggu saja kaitannya dengan kasus yang mana. Yang jelas memang ada penangkapan di beberapa titik,” kata Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo usai Rapat Koordinasi Persiapan Operasi Kalimaya Ramadaniya 2017, di Mapolda Banten, Rabu (7/6/2017).

Lebih lanjut Kapolda berharap dengan penangkapan ini akan menimbulkan keamanan di wilayah hukum Polda Banten. Namun demikian, Kapolda enggan menjelaskan lebih rinci terkait kasus teroris mana yang menjerat ketiga terduga apakah kasus penembakan di NTB atau jaringan Filipina. “Ada beberapa yang mengindikasi tapi secara rinci kita akan jelaskan lebih lanjut,” kata Kapolda.

Terduga teroris yang diamankan antara lain diketahui di wilayah Cilegon, Ciracas, dan Kasemen, Kota Serang. Selanjutnya, ketiga terduga teroria langsung dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pendalaman lebih lanjut.(YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top