Indonesia English
Rabu, 22 Januari 2020 |
Pendidikan

Tim DPKD Serang Mendata Perpustakaan Sekolah

Senin, 11 November 2019 09:25:39 wib - Komentar
Tim dari Dinas Perpustakaan dan kearsipan daerah (DPKD) kabupaten Serang mendata perpustakaan SDN garung kecaatan Kibin.

Serang(Banten88.com): Tim dari Dinas Perpustakaan dan kearsipan daerah (DPKD) kabupaten Serang, dalam kurun waktu dua minggu ini, melakukan kunjungan ke beberapa sekolah dasar. Pada kunjungan hari ini, Senin (11/11/2019) difokuskan ke SDN Julang, SDN Cikande 1, SDN Nagara, SDN Garung dan SDN Pasir Baru. Hal ini dilakukan selain untuk mengumpulkan data perpustakaan juga upaya meningkatkan minat baca anak di sekolah dasar. Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan kegemaran Minat Baca (P3KM) DPKD kabupaten Serang, Drg. Effy Afidah didampingi Fajar kepada wartawan saat melakukan kunjungan ke SDN Garung, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Senin (11/11/2019).

Effy Afidah mengatakan kunjungan ke sekolah dasar ini merupakan upaya dari DPKD kabupaten Serang. Ditempatkanya kantor Perpusda di kecamatan Ciruas untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat agar Perpusda dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat kabupaten Serang.

“Kunjungan ini merupakan momentum untuk menumbuhkan minat baca anak dan upaya kami dalam melayani masyarakat di bidang perpustakaan,”kata Effy Afidah.

Kunjungan ke sekolah dasar ini, lanjut Effy, pihaknya ingin melihat secara langsung pengelolaan dan pelayanan perpustakaan di sekolah termasuk tenaga pengelola perpustakaan, melihat fisik gedung sarana prasarana perpustakaan, koleksi buku serta sistem yang dijalankan seperti buku kunjungan, buku inventaris dan lain-lain.

“Kami ingin anak dan guru optimal memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber ilmu. Ada dua hal pokok yang perlu disampaikan yakni keberadaan perpustakaan di sekolah termasuk tenaga pengelolanya dan mengenai minat baca anak,”ungkapnya.

Untuk itu, kata Effy, agar anak gemar membaca dan memanfaatkan perpustakaan perlu disediakan permainan edukatif, alat audio visual, ruang multi media, penambahan buku fiksi sehingga anak tidak bosan dan memberikan kebebasan anak membaca buku yang ada di perpustakaan. “Mudah-mudahan perpustakaan jadi pusat dan sumber belajar yang memenuhi era milenial. Di perpustakaan diadakan lomba puisi, mendongen, mewarnai dan lainnya sebagai upaya pengembagan berbagai macam literasi. Ke depan kita akan adakan pelatihan kepada guru yang diberikan tugas tambahan sebagai pengelola perpustakaan,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Garung, Kecamatan Kibin, Saidi, S.Pd mengaku telah menunjuk salah satu guru (Qurotul Ain) sebagai pengelola perpustakaan sekaligus merangkap sebagai guru kelas. Rencanannya tahun 2020, sekolah akan mengangkat tenaga perpustakaan meskipun gajinya tidak besar karena sangat dibutuhkan. (Iman).

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

Top