Indonesia English
Minggu, 22 Juli 2018 |
Kesehatan

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dengan Lima Makanan Ini

Selasa, 12 Desember 2017 09:33:31 wib - Komentar
Lemon dan jahe. ( Photo : Pixabay/Leon_Ting).

(Banten88.com): Memasuki musim hujan, beragam penyakit rentan menyerang. Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal, agar kebal dari serangan penyakit.

Tidak perlu mahal, makanan di bawah ini bisa dengan mudah Anda temukan di mana saja. Khasiatnya baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Apa saja? Berikut seperti dilansir dari laman Health Line, Senin, 11 Desember 2017.

Buah sitrus
Saat musim hujan, Anda bisa menyiapkan stok buah sitrus seperti jeruk, anggur, jeruk nipis hingga lemon yang kaya vitamin C. Biasanya vitamin C menjadi yang paling dicari saat demam. Itu karena zat ini membantu tubuh meningkatkan sistem imun. Tak hanya itu, vitamin C juga meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi.

Brokoli                         
Sayuran ini kaya akan vitamin A, C, dan E, mineral, antioksidan, serta serat. Anda bisa tambahkan ini dalam menu makan siang atau smoothies. Makin minim proses pemasakan, makin bagus.

Jahe
Anda bisa seduh jahe dengan teh bersamaan. Jahe juga bagus untuk menghangatkan tubuh saat kedinginan. Jahe dikenal sebagai tanaman yang baik untuk mengurangi inflamasi, meredakan sakit tenggorokan, dan mual.

Bayam
Saat musim hujan, tidak ada salahnya lebih banyak mengonsumsi bayam. Entah dijadikan salad, smoothies atau sayur bening. Bayam juga kaya vitamin C, antioksidan dan betakaroten yang baik untuk sistem imun.

Teh hijau
Baik teh hijau atau teh hitam, keduanya mengandung flavonoid. Keduanya juga dikenal baik karena kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Menyeduh teh hijau hangat saat terjebak hujan di kantor bisa jadi ide bagus, kan?

Yoghurt
Selain buah dan sayur, yoghurt yang kini semakin populer, juga baik untuk menstimulasi sistem imun untuk melawan penyakit. Yoghurt mengandung vitamin D yang baik untuk imun. Sebaiknya konsumsi plain yoghurt ketimbang yang sudah ditambah gula dan perasa buatan. Anda bisa padukan plain yoghurt dengan buah-buahan agar tidak membosankan. (Sumber : Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top