Indonesia English
Rabu, 10 Agustus 2022 |
Kesehatan

Tips Menjaga Pola Makan Sehat

Jumat, 06 Januari 2017 13:11:11 wib - Komentar
Ilustrasi buah dan sayur. (Pixabay/Unsplash)

(Banten88.com): Bagi sebagian orang, menjalankan pola makan sehat memang hal yang cukup sulit. Namun, jika Anda tahu bagaimana menyiasatinya, hal tersebut tidak sesulit yang dibayangkan. Salah satu cara termudah untuk menjaga Anda tetap mengonsumsi makanan sehat adalah dengan menyediakan stok bahan-bahannya.

Berikut ulasannya dilansir dari laman Stuff.co.nz.

Rencana

Pastikan Anda sudah memiliki daftar belanja sebelum mengunjungi pasar atau supermarket. Tulis terlebih dahulu perencanaan menu Anda selama satu minggu. Cek pula bahan apa yang sudah ada di rumah dan catat apa yang perlu Anda beli atau tambah. Beli bahan makanan sesuai dengan daftar menu Anda selama satu minggu.

Belanja bahan musiman

Gunakan bahan makanan musiman dari daerah tempat tinggal Anda karena lebih ekonomis. Harganya akan cenderung lebih murah.

Pisahkan sesuai porsi

Membeli daging dalam ukuran besar akan lebih hemat ketimbang membelinya sedikit-sedikit. Bahan makanan berukuran besar sebaiknya dibagi menjadi beberapa bagian, sesuai dengan porsi yang Anda inginkan untuk setiap kali makan.

Siapkan stok

Stok bahan makanan yang sudah tersedia di lemari es adalah salah satu trik mudah agar Anda tetap memiliki pola makan yang sehat. Tak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi makanan sehat, karena semua sudah tersedia di dekat Anda.

Utamakan sayur dan buah

Saat berbelanja, utamakan untuk membeli sayur dan buah. Tidak hanya kaya vitamin, mineral, serat, antioksidan dan gizi baik lainnya, sayur dan buah juga dinilai ekonomis. Untuk setiap kali makan, isi tiga perempat piring Anda dengan buah, sayur, dan seperempatnya lagi dengan protein. (Sumber : Viva.co.id)

KOMENTAR DISQUS :

Top