Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Ekonomi dan Bisnis

TMMD : Puluhan Warga Peroleh Keterampilan Membuat Sapu Ijuk

Rabu, 12 Oktober 2016 18:21:26 wib - Komentar
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab Lebak saat memberikan penyuluhan di lokasi TMMD.

LEBAK,(Banten88.com): Dalam rangka mendukung program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 0603 Lebak. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak memberikan pelatihan dan keterampilan cara membuat kerajinan tangan sapu ijuk kepada puluhan warga Desa Sindanglaya Kecamatan Sobang dan warga Desa Citorek Barat Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak yang merupakan lokasi pelaksanaan TMMD.

Menurut Sutisna Kasi Aneka Industri pada Disperindag Kabupaten Lebak bahwa pelatihan dan keterampilan tersebut dalam rangka mendukung program TMMD.

"Ada beberapa SKPD yang diminta oleh pihak Kodim untuk program non fisik dilokasi TMMD.Untuk itu program kita  memberikan pelatihan keterampilan cara membuat sapu ijuk kepada 50 orang warga Desa Sindanglaya dan Desa Citorek Barat,"ujarnya.

Masih menurut Sutisna, pelatihan kepada puluhan warga desa Sindanglaya dilakukan pada tanggal 6 Oktober dan untuk pelatihan didesa Citorek Barat tanggal 10 kemarin.

" Kita memberikan pelatihan sapu ijuk sesuai dengan potensi lokal setempat. Sebab, diwilayah tersebut salah satu sentra pohon aren yang bisa dimanfaatkan ijuknya untuk dijadikan bahan dasar membuat sapu. Daripada ijuk tersebut dibuang sia-sia tanpa dimanfaatkan."ujarnya.

Mudah-mudahan tambah Sutisna dengan diberikannya pelatihan tersebut dapat menjadi modal untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Sementara Jangkung salah seorang peserta pelatihan mengaku antusias mengikuti pelatihan yang diberikan Disperindag Kabupaten Lebak."Ya pak, kami akan mengembangkan kerajinan ini mudah-mudah bisa dijual dipasaran. Ya lumayan buat penghasilan tambahan."katanya.(Eli).

KOMENTAR DISQUS :

Top