Indonesia English
Jumat, 04 Desember 2020 |
Pendidikan

UMAR SUPU PERANTAU DARI SULSEL SUKSES DITANAH PASUNDAN MERAIH JABATAN DENGAN KEMAMPUAN SENDIRI.

Jumat, 23 Oktober 2020 23:06:14 wib - Komentar
KAMPUS PUSAT IPDN JATINANGOR, SUMEDANG, JABAR.

Bandung (Banten88.com) : SUDAH banyak perantau dari luar Jawa karena tekat kuat dan mental baja, sehingga ia meraih sukses meniti karier di " Jawa ".
Salah satu contoh adalah Drs.Umar Supu, M.Si putra Sulawesi Selatan.
Putra Sulsel yang luwes bergaul dan piawai berbahasa Sunda ini meniti karier di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Ayahnya seorang petani namun berpikiran sangat maju. Ingin menjadikan putranya sukses "menjadi orang" sehingga bisa membawa nama baik keluarga.
Seperti diketahui, menyekolahkan anak ke " Jawa " itu memerlukan biaya yang tidak sedikit.
Umar meraih S.1 di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA Angkasa)  Margahayu Bandung, sekolah cukup terkenal karena mayoritas alumninya berhasil lolos test dan bekerja di Pemda Jabar (kini Pemprov Jabar).
STIA Angkasa kini menjadi Fisipol Universitas Nurtanio (Unnur) Bandung.
Umar juga bersahabat dengan pakar Ilmu Administrasi Negara Prof. Haryono Sudria Munawar putra Kadipaten, Kabupaten Majalengka.  Ditengah kesibukannya bekerja, Umar tetap memprioritaskan pendidikan sehingga berhasil meraih gelar M.Si.

Selama di IPDN sudah beberapa jabatan ia duduki.  Antara lain sebagai Kasubag Umum merangkap mengurus puluhan kendaraan asset IPDN.  Setelah itu Umar alih tugas sebagai Kasubag Asset IPDN yang mengurus kekayaan IPDN berupa tanah serta asset-asset lainnya yang sangat berharga.
Dibagian Asset ini justru keahlian Umar dibidang ini. " Saya memang menyukai bidang pekerjaan ini mas. Ada tantangan yang harus ditundukan serta kerja kreatif sehingga tidak membosankan," tutur Umar pada suatu kesempatan kepada Banten88.com.

Menjadi Kasubag Asset memungkinkan Umar berinteraksi dengan pihak external.  Semua persoalan berhasil ia selesaikan dengan baik karena sosoknya yang luwes dan memiliki human relations yang sangat baik.  Yang membanggakan adalah karena kinerjanya dinilai lembaga cemerlang, beberapa waktu yang lalu, Umar Supu dipromosikan sebagai Kabag Asset IPDN.  Banten88.com masih ingat, kala itu Umar tampil necis mengenakan stelan jas.

" Mau kemana Bang, ku tengok rapih sekali hari ini," sapa Banten88.com.  Sambil merapikan berkas di meja kerjanya, umar menjawab " Alhamdulilah hari ini saya dilantik menjadi Kepala Bagian (Kabag) mas," jawab Umar kepada Banten88.

" Selamat ya bang. Kinerja abang yang cemerlang dan human relations abang yang sangat baik, yang menghantarkan abang menuju jabatan puncak tersebut,"  ungkap Banten88.com sambil memberi salam kepada Umar.

Jika sedang bercakap-cakap dengan Bahasa Sunda, orang tidak menyangka ia adalah putra Sulsel. Bahasa Sundanya cukup halus.

Umar kini menjabat sebagai Kabag Asset IPDN, tentu tugas berat dan penuh tantangan sudah menunggu.
Namun yang lebih membanggakan adalah ia mencapai jabatan puncak karena kinerjanya yang cemerlang bukan menggantungkan pada "orang atas:" atau pakai " ganjel " istilahnya.
Kesuksesan Umar bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin maju dengan Berdikari (Berdiri Diatas Kaki Sendiri) alias tidak bergantung pada orang lain.(SS).

KOMENTAR DISQUS :

Top