Indonesia English
Selasa, 25 September 2018 |
Pendidikan

UNBK Tahun Ini, SMAN 1 Kibin Punya Komputer Sendiri

Selasa, 10 April 2018 17:59:27 wib - Komentar
Hari kedua, penyelenggaraan UNBK di UPT SMA Negeri 1 Kibin. (Foto:Iman).

Serang,(Banten88.com): Penyelenggaraan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tahun pelajaran 2017/2018 pada Unit Pelaksana Teknis, SMA Negeri 1 Kibin, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang lebih meningkat dibandingkan tahun lalu.

Jika tahun kemarin, untuk kegiatan UNBK, ketersediaan alat penunjang berupa perangkat komputer masih kurang 22 unit lagi dan terpaksa harus menyewa, namun untuk tahun ini, sekolah sudah punya sebanyak 90 unit komputer untuk clien, server 3 dan satu unit server cadangan. Jadi dari sisi perangkat komputer ada peningkatan. Hal tersebut dikatakan, Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, UPT SMA Negeri 1 Kibin, Beben Dian Subandi, M.Pd kepada Banten88.com di sekolah, pada hari kedua pelaksanaan UNBK, Selasa (10/4/2018).

Beben mengungkapkan, peserta didik kelas XII yang ikut UNBK berjumlah 269 orang dari 2 program IPA dan IPS. Program IPA sebanyak 137 orang dan program IPS sebanyak 132 orang. Lab komputer yang digunakan sebanyak 3 ruang dimana lab pertama sebanyak 40 orang, lab kedua 40 orang dan lab ketiga sebanyak 10 orang, dengan 3 orang protor dan satu orang teknisi. Setiap lap diawasi 2 orang pengawas dari sekolah lain yang setiap harinya saling bergantian. Mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan sesuai dengan program pilihan peserta didik. Jika program IPA, mata pelajaran pilihannya bisa Fisika, kimia dan biologi. Sedangkan program IPS, bisa mata pelajaran sosiologi, geografi dan ekonomi.

“Naskah soal yang dikerjakan masing-masing peserta berbeda mungkin ada sekitar 100 varian sesuai dengan ID setiap peserta (Pasword). Kalau pelaksanaan hari kedua tadi, ada satu soal dari Puspendik yang tidak bisa di klik jawabannya maka dibiarkan saja tidak dijawab,”ungkap Beben.

Untuk langkah awal, peserta harus masukan ID/user name kemudian masukan pasword masing-masing peserta, baru nanti terbuka naskah dan untuk menjalankan naskah itu perlu token yang dipandu oleh protor. Untuk mengantisipasi, setiap server dilengkapi dengan UPS.

Di tempat yang sama, Kepala UPT SMA Negeri 1 Kibin, Drs. Endang Suhendar berharap penyelenggaraan UNBK berlangsung lancar dan hasilnya baik. “Kita berharap agar bisa sukses penyelenggaraan UNBK dan sukses pula hasilnya. Nanti pada 16 April 2018 dilaksanakan pengiriman hasil pemindaian dan penyerahan hasil pemindaian ke Provinsi pada tanggal 28 pril 2018 mendatang,”kata Endang Suhendar. (Iman).

KOMENTAR DISQUS :

Top