Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Pemerintahan

Untuk Keperluan Data, BKKBN Datangi Keluarga Rano Karno

Rabu, 06 Mei 2015 17:14:37 wib - Komentar
BKKBN Lakukan Pendataan Penduduk di Ruang Kerja Rano Karno

Serang,(Banten88.com): Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten mengawali pencanangan pendataan keluarga serentak nasional di Provinsi Banten. Pendataan awal dipimpin oleh Kepala Perwakilan BKKBN Banten Dra Paulina di ruang kerja Plt Gubernur Banten di Pendopo Gubernur, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Palima Kota Serang, Banten. Rabu (06/05). 

Dra H Paulina JS Mm.  Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana  (BKKBN) Banten mengatakan, sesuai dengan peraturan pemerintah nomor,87 Tahun 2014 dan peraturan pemerintah  nomor 87 tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, keluarga bencana dan system informasi keluarga dinyatakan bahwa pendataan keluarga  adalah tata cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan  pemanfaatan  data demografi, data keluarga, dan data keluarga berencana yang dilakukan oleh pemerintah daerah  yang dilakukan setiap lima tahun sekali.

“Pendataan secara nasional mulai dilakukan 1 Mei hingga 31 Mei 2015 mendatang, di Banten kita awali dari keluarga pak  Plt Gubernur dan Komandan Korem Serang,” kata Paulina. 

Dia menjelaskan, teknis pendataan Petugas Pembantu Keluarga Berencana Desa (PPKBD) akan mendatangi setiap tempat tinggal keluarga untuk melakukan pendataan dengan menggunakan formulir yang telah disediakan oleh petugas PPKDB. 

“Tujuan kegiatan ini adalah agar diperoleh data keluarga yang dapat memberikan gambaran secara tepat dan menyeluruh keadaan di lapangan sampai ke tingkat keluarga,” jelasnya. 

Sedangkan manfaat dari pendataan keluarga ini, lanjut Paulina adalah diperoleh informasi dasar kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang diperlukan untuk penentuan sasaran Program Keluarga Berencana ke depan dan sebagai acuan program pembnagunan yang dilakukan oleh Pemprov Banten. “Kami berharap masyarakat iktu mensukseskan pendataan ini dengan memberikan data yang akurat kepada tim pendata yang sudah kami bentuk hingga ke tingkat RT,” ucapnya. 

Dia mengingatkan, masih terdapat data yang tumpang tindih dan dobel data yang pada akhirnya hal tersebut menyebabkan ketidakakuratan data, validitas dan relevansi yang ada menjadi berkurang.

 “Kami bekerja sama dengan semua pihak akan bekerja semaksimal mungkin dengan secara cermat mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah, tambah Paulina. 

Plt Gubernur Banten Rano Karno dalam kegiatan ini berpesan agar tim pendata benar-benar bekerja semaksimal mungkin dengan secara cermat mendatangi masyarakat dari rumah ke rumah. Ke depan dengan data yang diperoleh oleh pemerintah melalui Program Pendataan Keluarga tahun 2015 ini, dapat dijadikan sebagai salah satu dasar penentuan arah kebijakan pemerintah, khususnya Pemprov Banten dalam upaya membangun Provinsi Banten menjadi lebih baik lagi.  “Saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Banten untuk ikut mensukseskan pendataan keluarga tahun 2015, pastikan keluarga anda didata oleh petugas pendata setempat,” pesan Rano.(YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top