Indonesia English
Kamis, 17 Januari 2019 |
Pemerintahan

Wabup Lebak Insrtuksikan Pengelolaan Keuangan Harus Lebih Baik Lagi

Selasa, 11 April 2017 18:17:11 wib - Komentar
Kunjungan Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di kabu[aten Lebak. Senin (10/04/2017).

LEBAK,(Banten88.com):Wakil Bupati Lebak, H Ade Sumaerdi,  berharap Pemkab Lebak dapat mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas penilaian tata kelola keuangannya pada tahun ini. Hal tersebut disampaikan Wabup ketika menerima kunjungan Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Ruang Kerjanya, Senin (10/04/2017).

“Kami menginstruksikan agar semua Dinas segera mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh tim Pemeriksa dari BPK ini” Ujarnya. 

Tahun 2016 lalu Kabupaten Lebak mendapatkan Opini WTP dari BPK, WTP ini  adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Menurut ketua Tim Auditor BPK, Achmad Winoto, Kedatangannya ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk pengelolaan keuangan tahun anggaran 2016 yang akan dilakukan oleh timnya selama 30 hari kedepan.

“Ini adalah pemerikasaan tahunan, dalam hal ini BPK akan  melakukan pemeriksaan atas pengelolaan keuangan untuk tahun anggaran 2016” Ujar Winoto.

Winoto mengatakan bahwa Efektivitas dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan tercapai jika laporan hasil pemeriksaannya ditindaklanjuti oleh entitas yang diperiksa dan salah satu pihak yang dapat mendorong efektifitas tindak lanjut tersebut adalah pengawasan yang intensif dari semua pihak.

“Untuk meningkatkan mutu kualitas audit, maka samplingnya akan kita naikkan kalau bisa populasi semuanya kita audit supaya nantinya BPK bisa mendeteksi jika ada kecurangan atau hal yang tidak sesuai dengan hukum” Ujarnya. (eli).

KOMENTAR DISQUS :

Top