Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Pendidikan

Wagub Andika Motivasi Mahasiswa Baru Untirta Persiapkan Diri Menjadi Pemimpin

Senin, 14 Agustus 2017 17:09:59 wib - Komentar
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy

Serang, (Banten88.com): Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), di lapangan kampus Untirta Serang, Senin (14/08/2017). Salah satu poin yang disampaikan Wagub Andika ialah peran pemuda dalam pembangunan daerah.

Dalam pidatonya Andika memaparkan,  generasi muda sangat berperan penting dalam pembangunan daerah karena generasi muda adalah pemegang estafet kepimpinan daerah nantinya.

“Prosesi kepemimpinan ini harus betul-betul dipersiapkan dengan matang. Kampuslah menjadi titik awal mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin,” kata Andika dihadapan ribuan peserta Kehidupan Pengenalan Kampus (KPK).

Sebagai pemegang estafet di masa yang akan datang, lanjut Andika, generasi muda saat ini harus menjadi pilar, penggerak dan pengawal jalannya pembangunan daerah. Generasi muda, bisa melahirkan banyak inspirasi untuk mengatasi berbagai kondisi dan permasalahan yang ada, terutama dalam hal pembangunan daerah yang lebih maju.

“Faktor keberhasilan seorang generasi muda yang paling utama yang harus dipegang adalah prinsip semangat yang tinggi. Kita dituntut memiliki aspek kecerdasan spiritual, emosional, ini pondasi yang harus dipersiapkan,” tegasnya.

Oleh karena itu, katanya, generasi muda harus mengambil peran sentral sebagai inisiator yang berada di barisan terdepan untuk kemajuan daerah. Sudah saatnya generasi muda menempatkan diri sebagai agen dalam melakukan perubahan. Generasi muda yang masih relatif bersih dari berbagai kepentingan, harus menjadi aset potensial dan mahal untuk kejayaan dimasa yang akan datang.

“Semoga kedepan teman-teman disini memberikan kontribusi pembangunan terhadap banten. Jadilah lulusan yang betul-betul memiliki ketahanan pribadi dan semangat membangun bangsa dan negara serta daerah. Jaga diri dan semangat pemuda, tidak mudah dipadamkan, apalagi jika etika kita dijaga akan menghasilkan jiwa pembaharu,” ucapnya.

Secara khusus, Wagub Andika berpesan agar mahasiswa baru Untirta ini memanfaatkan kesempatanya menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang dituntut memiliki kemandirian dalam belajar serta menimba ilmu pengetahuan.

“Teman-teman memiliki peluang yang lebih besar dalam melanjutkan estafet kepemimpinan dibangsa ini. Manfaatkanlah momentum di dunia baru ini,” pesan Andika.

“Saya juga berharap teman-teman memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap masyarakat. Aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Saya menikmati dan merasakan betul manfaat dalam berogranisasi khusunya kepemudaan,” sambung Andika seraya mengatakan akan memfokuskan pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan di Banten bersama Gubernur Banten Wahidin Halim. (Okan)

 

KOMENTAR DISQUS :

Top