Indonesia English
Sabtu, 13 Juli 2024 |
Nasional - Ekonomi dan Bisnis

Wapres Jusuf Kalla Buka Pameran Otomotif Terbesar

Kamis, 20 Agustus 2015 16:34:19 wib - Komentar
Wapres Jusuf Kalla membuka pameran otomotif di Tangerang, Banten.

Tangerang, (Banten88.com): Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla secara resmi membuka pameran otomotif terbesar  yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor  Indonesia (Gaikindo) di Indonesia Convention Exhibition di Tangerang, Banten.  Kamis (20/8/2015).

Pameran tahun ini menjadi penyelenggaraan ke-23. Gaikindo pertama kali menggelar pameran otomotif  dan kemudian menjadi  kegiatan rutin tahunan sejak 1986.

Pembukaan  pameran dilakukan oleh Wapres Jusuf Kalla didampingi Menteri Perindustrian Shaleh Husin,  Menteri Perdagangan  Thomas Lembong dan Gubernur Banten Rano Karno.

"Mobil di mana pun saat ini sudah menjadi kebutuhan  yang mendasar karena itu sumber-sumber kemajuan dan keuangan  Negara dari besarnya penjualan mobil," kata Wapres dalam sambutannya di hadapan para pelaku industri.

Ketika berbicara tentang mobil, lanjut Wapres, yang terpikirkan tidak hanya alat transportasi,  tetapi juga industri yang besar. Otomotif didukung oleh vendor, industry komponen, teknologi untuk efisiensi bahan bakar, inovasi untuk mengimbangi kebutuhan desain,  serta jaringan diler  yang menyebar keseluruh Indonesia.

Selain itu, industry otomotif  juga melibatkan banyak orang yang berarti membuka lahan  pekerjaan. Setiap pembelian dan kepemilikan mobil juga menjadi penghasil pajak yang besar buat negara.

"Harapan saya sekali lagi, selamat dan penghargaan, mudah-mudahan pameran ini memberikan makna kemajuan bagi industry berkembang, khususnya untuk masyarakat yang memanfaatkan kendaraan sebagai bagian dari kemajuan bangsa," katanya.

Wapres melanjutkan, Pajak kendaraan merupakan sumber kemajuan, tetapi beban pemerintah untuk mengimbangi kemajuan itu yaitu dengan menyediakan infrastruktur.  "Pemerintah juga mempunyai beban untuk menyediakan infrastrukturnya," katanya.

Gubernur Banten Rano Karno berharap pameran otomotif terbesar yang digelar di Banten ini bisa meningkatkan perekonomian, terutama dari pajak kendaraan bermotor. "Semua PAD Provinsi terbesarnya  yaitu dari pajak kendaraan bermotor dan bahan bakar minyak.

Kita juga akan meningkatkan pendapatan dari segi pajak, tentu ini memerlukan sumber sumber pajak yang perlu kita gali lagi seprti halnya banyak pabrik pabrik di Banten.tetapi permasalahannya adalah mereka kantornya ada di Jakarta sehingga pajak masuk ke Jakarta.(Riz).

 

 

KOMENTAR DISQUS :

Top