Indonesia English
Rabu, 26 September 2018 |
Seputar Banten

Waralaba di Lebak Langgar Perda

Senin, 26 Februari 2018 19:15:00 wib - Komentar
Ilustrasi

Lebak, (Banten88.com): Keberadaan waralaba di Kabupaten Lebak, dipastikan telah melanggar dan tidak mematuhi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2012 tentang Pasar Modern.

Dimana dalam pasal 16 di perda tersebut ditetapkan, bahwa warabala pada Senin hingga Jumat mulai beroperasi mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu, waralaba diperbolehkan mulai bukan pada pukul 10.00 hingga pukul 23.00 WIB.

Namun fakta yang ada waralaba yang berlokasi Kecamatan Kalanganyar, Cimarga, Rangkasbitung, Cibadak, Warunggunung, serta Sajira, selalu terlihat buka dibawah jam 10.00 WIB. Begitu pula ketika waralaba ditutup, terlihat lebih dari jam 22.00 WIB (pada Senin-Jumat)

Kepala Bidang perijinan pada DPMPPTSP Lebak, Rukim membenarkan, bahwa tentang buka dan tutup operasional waralaba seperti Alfamart dan Indomart telah diatur dalam peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2012.

Sehingga jika dalam pelaksanaannya jika ada waralaba yang tidak mematuhi, tugas untuk eksekusi dan penertibannya berada pada dinas Satpol PP sebagai penegak perda.

"Kita hanya menerbitkan perijinannya saja, tekait penegakan perda ranahnya berada pada Satpol PP," kata Rukim, kepada awak media, Senin (26/02/2018).

Kepala Dinas Satpol PP Lebak, Dartim saat dikonfirmasi wartawan mengaku, terkait persoalan dugaan pelanggaran Pasal 16 dalam Perda Nomor 3 Tahun 2012, yang dilakukan pengelola waralaba selalu menjadi perhatian pihaknya. Bahkan, sepanjang tahun 2017, Dinas Satpol PP kerap melakukan teguran.

“Bila masih ada waralaba yang melanggar pasal enam belas perda pasar modern, tentu kami akan kembali melakukan sanksi. Bila teguran tidak juga dihiraukan, maka kami akan menutup paksa waralaba tersebut,” kilah Dartim. (Eli)

KOMENTAR DISQUS :

Top