Indonesia English
Minggu, 22 Juli 2018 |
Hukum dan Kriminal

Warga Keluhkan Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Serang

Selasa, 24 Mei 2016 19:28:39 wib - Komentar
Ilustrasi Passport

Serang,(Banten88.com): Proses dan biaya pembuatan paspor pada Kantor Imigrasi Serang nampaknya tidak sesuai dengan baliho ataupun spanduk yang dibentangkan di halaman kantor. Dalam spanduk tertera biaya pembuatan paspor Rp355.000 dan bisa diambil 3 hari setelah melakukan pembayaran melalui Bank BNI. Namun kenyataannya, selain membutuhkan waktu yang panjang, pemohon juga harus mengeluarkan  sejumlah uang tambahan kepada oknum petugas.

Seperti yang dialami Enah dan Eni, dua warga Kabupaten Pandeglang saat mengajukan permohonan paspor. Ibu dan anak warga Kecamatan Panimbang pada 2 Mei lalu datang mengurus paspor karena ingin berangkat ke Malaysia menemui salah seorang anaknya. Hanya saja, sudah berjalan 2 minggu paspornya tak kunjung selesai.

"Padahal selain biaya paspor yang sudah dibayarkan melalui bank, keduanya juga telah menyerahkan uang Rp3,5 juta kepada oknum imigrasi," ungkap korban.

Terkait adanya keluhan ini, M.T. Satiawan, Kepala Kantor Imigrasi Serang tidak membantah adanya keluhan 2 warga Pandeglang tersebut. Namun menurut Satiawan, panjangnya proses pembuatan paspor yang memakan waktu 2 minggu itu dikarenakan satu pemohon belum melengkapi surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

"Persoalan ini hanya miskomunikasi saja. Persoalannya, pada saat itu berkas pemohon belum lengkap karena tidak dilampirkan keterangan kehilangan paspor dari kepolisian. Nah pada awal Mei kan ada libur panjang," terang Satiawan.

Dikatakan Satiawan, setelah berkas permohonan dilengkapi, pihaknya langsung memproses. Dan paspor telah diserahkan kepada pemohon setelah membayar administrasi melalui bank. Satiawan juga membantah adanya uang tambahan sebesar Rp3,5 juta.

"Tidak ada uang tambahan Rp3,5 juta, pemohon hanya membayar Rp355 ribu yang dibayarkan melalui bank. Mungkin salah informasi Rp355 ribu disebut Rp3,5 juta," terang Satiawan sambil menunjukan slip pembayaran bank untuk paspor.(YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top