Indonesia English
Rabu, 06 Juli 2022 |
Nasional - Hukum dan Kriminal

Waspada Kartu ATM Tertelan, Irfan Rugi Rp.70 Juta

Senin, 06 Juli 2015 17:08:32 wib - Komentar
Ilustrasi ATM Tertelan Mesin

Serang,(Banten88.com): Irfan Aminudin, (29), warga Cadasari, Kab. Pandeglang  menjadi korban kejahatan saat kartu ATM tertelan masuk di mesin ATM sebuah mini market di kawasan Serang Timur, Kota Serang. Dari kejadian tersebut uang tabungan sebanyak Rp 70 juta  raib dari rekening, setelah kartu ATM-nya tertelan di mesin.

Menurut pengakuan korban, sekitar pukul 11.30 WIB, korban berniat mengambil uangnya di ATM Mandiri. Lalu, korban memilih mendatangi mesin ATM yang ada di dalam sebuah swalayan. Awal memasukkan ATM ke mesinnya itu tidak ada tanda-tanda janggal, namun sesaat kemudian ternyata kartu ATM milik korban tidak dapat melakukan transaksi dan tak dapat dikeluarkan dari dalam mesin.

Sesaat kemudian,  ada seorang pria berusaha menawarkan jasa pertolongan. Korban juga sempat mengikuti semua petunjuk yang diminta pria yang baru dikenalnya itu. Namun tak juga dapat menarik kartu ATM dari dalam mesin. Setelah itu, pria yang diduga bagian dari pelaku ini pergi entah kemana. Korban yang kebingungan lalu menghubungi call center Bank Mandiri melalui nomer telepon yang tertera disekitar mesin.

Kepada petugas call center, korban menceritakan kejadian yang dialaminya dan meminta memblokir sementara kartu ATM tersebut yang bersaldokan Rp75.900.000. Petugas call center memberitahu jika telah, saldo tabungan hanya tersisa sebesar Rp5.900.000 karena sebelumnya ada 3 transaksi transfer ke 3 bank yakni Bank Mandiri, BRI dan BNI sebesar Rp70 juta atas nama Sarif.

"Saya kaget diberitahu uang dalam tabungan sebesar Rp 70 juta telah ditransfer ke tiga rekening bank. Lalu, saya berbegas mendatangi Mapolres Serang melaporkan kasus yang menimpa saya ini," terang Irfan.

AKP Arizzal Samelino, Kepala Satuan Reskrim Polres Serang membenarkan laporan tindak pidana penipuan tersebut. Kasat mengatakan kasus ini masih dalam penyelidikan. "Kasus seperti sudah sering terjadi. Bila kartu ATM tertelan di dalam mesin, lebih baik menyelesaikan masalah tersebut, langsung ke bank bersangkutan. Jangan percaya dengan orang yang disekitar itu atau menghubungi nomor telepon yang dipasang di mesin ATM, karena bisa jadi disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab," himbaunya, Senin (6/7). (YAN).

KOMENTAR DISQUS :

Top